Sabtu, 20 September 2014



MENGENAL TUMBUHAN MENJALAR
Judul buku           : Tumbuhan menjalar di sekitar kita
Penulis                 : Lalu safii
Penerbit               : PT. Tiga serangkai
Cetakan Pertama  : 1999
Gambar isi           : Rachmadi
Tebal                   : 48 Halaman

       Kekayaan alam kita memang menakjubkan. Itulah sebabnya alam indonesia di tumbuhi oleh beraneka jenis tumbuh-tumbuhan.Ada tumbuhan menjalar, rerumputan, semak belukar, dan tumbuhan yang pohonnya tinggi menjulang.
       Tumbuhan menjalar di sekitar kita ribuan jumlahnya. Ada yang berdaun kecil, berdaun lebar, berbuah dan berumbi.
       Dan ini ada beberapa contoh tumbuhan menjalar di sekitar kita seperti kangkung, ketimun, sirih, dan sebagainya.
1.  KANGKUNG
Kangkung merupakan tumbuhan yang di gemari masyarakat. Tanaman kangkung dapat di olah menjadi berbagai macam masakan seperti tongseng, di lalap, di pecel, di tumis.

Tanaman kangkung sangat menyenangi tempat yang berair. Tidak mengherankan jika tanaman kangkung sering di jumpai di pinggir kali atau di sawah yang berair.

Pada umumnya kangkung di manfaatkan orang sebagai masakan. Bagian yang dapat di masak daun, batang yg masih muda, itulah sebabnya jika kangkung telah mulai menjalar, segeralah di petik pucuk-pucuknya. Setelah pucuk dari batang pangkal di petik maka tumbuh pucuk-pucuk baru yang semakin lama akan semakin banyak.

Zaman sekarang, kangkung tidak hanya di konsumsi sebagai makanan. Orang yg ahli di bidang pengobatan menggunakan kangkung sebagai obat. Bagian dari tanaman kangkung yang dpt di pergunakan sebagai obat, yakni akar, batang, dan daunnya. Kangkung dapat berfungsi untuk mengobati orang yang keracunan akibat makanan.

Selain dapat mengobati keracunan, kangkung juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit misalnya : susah buang air besar, di gigit ular, membersihkan air kemih, dan batuk darah.
Ciri tanaman kangkung sbg :
1.  Tumbuhan merambat
2.  Batang beruas dan berongga
3.  Daun tunggal dan bentuk daun segitiga memanjang
4.  Tangkai daun tumbuh berseling
5.  Tumbuh di atas lumpur atau tempat basah lainnya.
6.  Kangkung rasanya segar dan gurih
7.  Kangkung dapat di perbanyak dgn stek batang

2.  KETIMUN
Ketimun merupakan tumbuhan yang paling di gemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Seperti petani, pedagang, dab pejabat. Orang menyukai ketimun karna rasanya enak, segar, renyah, dan dingin.

Buah ketimun banyak mengandung vitamin A,B,danC. Setiap 100 gram buah ketimun mengandung 11.200 IU. Vitamin A, 0,21 Mgr vitamin B, dan 230 mgr  Vitamin C. Jenis ketimun yang perli di ketahui, antara lain :
1.  Ketimun biasa
Ketimun biasa mempunyai kulit buah yang tipis dan lunak. Bentuk buah lonjong dgn ukuran paling panjang 15 cm. Ketimun biasa tergolong ketimun yang relatif kecil. Jika masih muda enak di makan mentah-mentah.
2.  Ketimun watang
Di sebut juga ketimun raksasa buah berbentuk lonjong dgn panjang mencapai 25 cm rasa ketimun enak dan segar.
3.  Ketimun wuku
Ketimun wuku mempunyai kulit buah yg ckup tebal. Buahnya berukuran relatif kecil, bahkan lebih kecil dari ketimun biasa.

3    SIRIH
Sirih merupakan tumbuhan merambat yg sering di jumpai di sekitar kita, bermanfaat banyak bagi kehidupan manusia, antara lain untuk menyembuhkan penyakit bisul dan bau badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar